KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Shaf Sholat di Masjid Agung Kabupaten Karimun Direnggangkan setengah Meter

Ibadah Berjamaah Kembali Dibolehkan

RADIOAZAM.ID – Setelah sekitar dua bulan lamanya menutup segala aktifitas ibadah secara berjamaah, Masjid Agung milik Pemkab Karimun kini mulai membuka kegiatan beribadah untuk masyarakat Kabupaten Karimun, diawali dengan ibadah sholat Jumat.

Namun ada berbagi aturan yang wajib diperhatikan dan ditaati oleh para jamaah yang akan mengikuti ibadah berjamaah di Masjid Agung Kabupaten Karimun, yang berkaitan dengan standar protokol kesehatan.

Seperti shaf atau barisan sholat harus direnggangkan sekitar kurang lebih setengah meter, posisi jarak pun telah diberikan tanda silang menggunakan lakban merah, pertanda tidak boleh ditempati.

“Pemberian batasan dilantai terkait shaf sholat, sebagai penerapan phsycal distancing,” kata Kepala Bagian Humas dan Administrasi Umum DKM Masjid Agung Kabupaten Karimun, Iash Maulana, Jumat (29/5).

Disebutkannya, beberapa aturan lainnya yang telah dibuat seperti, pintu masuk dan keluar jamaah hanya melalui pintu bagian utara dan selatan lantai salat utama Masjid.

“Petugas akan mengecek masker dan dan suhu tubuh jamaah menggunakan thermogun. Bagi yang tidak mengenakan masker saat ke Masjid Agung agar segera berkoordinasi dengan petugas. Lalu, semua yang datang diwajibkan untuk antre mengikuti pemeriksaan ini,” uncap pria yang akrab disapa Ustadz Aan ini.

Bahkan pengurus masjid juga mengatur untuk durasi sholat dan khutbah yang harus dipersingkat. Sedangkan imam sholat akan membaca doa Qunut Nazillah.

Ditambahkannya, setiap selesai sholat dan berdoa, diingatkan untuk tidak bersalam-salaman antar satu dengan yang lainnya. Kemudian masing-masing harus membawa sajadah dari rumah, karena pengurus masjid tidak menggelar sajadah. Termasuk juga dianjurkan berwudhu dari rumah.

“Bagi jamaah yang kondisi kesehatannya kurang baik atau sedang terganggu, kami minta untuk tidak berjamaah dulu di masjid,” pesan Aan.

Dalam kesempatan itu, Aan juga meminta kerjasama dari seluruh jamaah, agar dapat membantu demi kelancaran ibadah di Masjid Agung Kabupaten Karimun.

“Dari kerjasama yang baik, tentu sudah ikut membantu ikhtiar yang kita lakukan, dalam pencegahan penularan wabah Covid 19 melalui Masjid,” pungkas Aan.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close