KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Siswa di Karimun Libur dan Pegawai Tetap Kerja

Tangkal Virus Corona

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun akhirnya meliburkan seluruh siswa, mulai dari jenjang PAUD atau TK, SD dan SMP sererajat, PKBM serta LKP se Kabupaten Karimun.

Keputusan itu berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Pemkab Karimun melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, yang ditandatangani Bupati Karimun Aunur Rafiq tertanggal 16 Maret 2020, dengan nomor 420/DISDIK.SEKR/232/2020, tentang Upaya Antisipasi dan Penceghan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengatakan, jadwal libur yang tertera dari Surat Edaran tersebut, berlaku sejak Selasa (17/3) sampai hari Minggu mendatang (21/3), artinya Senin pekan depan (22/3) tetap masuk seperti biasa.

Dikatakan Bakri, surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun atas hasil koordinasi dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

“Di liburkan sementara, untuk proses belajar para siswa dilakukan dirumah dengan sistim tugas atau Pekerjaan Rumah (PR). Kalau untuk siswa kelas 3 SMP sederajat yang mengikuti UAMBN, dengan jadwal dimulai 16 Maret berakhir 18 Maret, tetap melanjutkan ujiannya, setelah selesai akan menyesiaikan tanggal liburnya,” ungkap Bakri, Senin (16/3).

Namun untuk Kepala Satuan Pendidikan, guru dan tenaga kependidikan tetap diwajibkan masuk kerja seperti biasa, dengan menaati jam kerja seusai dengan pemenuhan beban yang telah ditetapkan.

Seluruh pihak sekolah lanjut Bakri, diminta untuk menyampaikan kepada para orang tua, agar menjaga dan mengawasi anaknya untuk tidak berpergian ketempat umum atau berinteraksi dengan orang ramai, bahkan termasuk ke luar negeri sekalipun agar dapat ditunda dulu keberangkatannya.

Menekanan pola hidup sehat juga harus disampaikan kepada orang tua dan anak didik, dengan mencuci tangan, makan-makanan bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup, sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Seluruh Pegawai Tetap Wajib Masuk Dinas

Sementara itu, Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), di Kabupaten Karimun tetap diwajibkan masuk dinas seperti biasa, meski Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan pernyataan, bahwa para pegawai dapat bekerja di rumah terkait pencegahan dan pengawasan penyebaran wabah virus corona.

Untuk meliburkan seluruh pegawai, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun, Sudarmadi masih menunggu keputusan melalui surat edaran Menteri, karena sampai saat ini baru sebatas pernyataan dan belum ada surat resmi yang dikeluarkan.

“Belum ada surat edaran yang dikeluarkan, baru sebatas pernyataan. Sehingga Pemkab Karimun masih akan menunggu surat resmi. Jika sudah ada, pasti nanti Gubernur juga membuat surat edaran yang ditujukan kepada Kabupaten Kota,” ungkap Sudarmadi, Senin (16/3).

Sejauh ini kata Sudarmadi, para pegawai diarahkan melakukan absensi secara manual dan tidak lagi menggunakan finger print.

“Kami juga menghimbau kepada para pegawai untuk mengurangi aktifitas keluar rumah atau kumpul-kumpul,” imbuhnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close