Breaking News

Siswa Siswi TKIT Darul Mukmin Diajarkan Cara Berdagang dan Jadi Pembeli Yang Baik Sejak Dini, Melalui Kegiatan Market Day

0 0

RADIOAZAM.ID – Siswa siswi Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Darul Mukmin diajarkan cara membeli dan berjualan sejak dini, melalui kegiatan market day.

Market day sendiri merupakan sebuah metode pembelajaran bagi teman-teman kecil (sebutan akrab dari siswa siswi TKIT Darul Mukmin), dalam kegiatan jual beli yang dilakukan pada Jumat pagi (11/11/2022) sejak pukul 08.30 WIB.

Kepala TKIT Darul, Mukmin Dina Marlina lubis mengatakan, market day merupakan agenda rutin tahunan dan terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 lalu, kemudian sempat terhenti karena pendemi Covid-19, sehingga baru dapat dilaksanakan kembali pada tahun ini.

Dalam kegiatan market tersebut, setiap kelas mempunyai stand yang berbeda-beda, tergantung dari tema yang dipilih oleh masing-masing kelas. Dan pihak guru menyediakan empat tema antara lain, stand minuman, buah-buahan, junk food atau makanan siap saji, dan aneka kerupuk.

“Tujuan dari kegiatan market day ini adalah, sebagai wadah bagi para siswa siswi agar dapat memahami cara berjualan. Dan yang terpenting, mereka juga dapat melihat dan bisa terlibat langsung ketika melakukan transaksi jual beli,” kata Dina.

Selain stand untuk market day, juga tersedia kasir sebagai fasilitas untuk melakukan pembayaran dari teman-teman kecil.

Dina menggambarkan bagaimana respon para siswa siswi yang antusias, dalam mengikuti kegiatan market day dengan riang gembira, hal itu terlihat ketika tidak sedikit anak-anak yang menunjukkan rasa keingintahuannya, seraya bertanya sambil membeli beberapa menu yang tersedia.

Teman-teman kecil juga mendapat dukungan penuh dari para orang tua wali murid, dengan memberikan uang pecahan Rp2000 sebanyak lima lembar, yang akan digunakan saat bertransaksi jual beli, melalui kegiatan market day di TKIT Darul Mukmin.

“Biasanya anak TK pergi belanja sama orangtua atau kakak. Sekarang kita ajarkan langsung mereka jadi penjual dan pembeli,” kata Dina.

Menurutnya, market day juga sebagai sarana untuk menambah pengetahuan teman-teman kecil, tentang proses jual beli, mengenal mata uang, memilih barang yang akan dibeli sesuai kebutuhannya, menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini, serta memberikan pengalaman langsung menjadi penjual dan pembeli bagi para siswa siswi.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *