KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Siswa TKIT Darul Mukmin Dikelonin Ayahnya Saat Tidur di Tenda, Dalam Agenda Camping Sehari Bersama Ayah

RADIOAZAM.ID – Ada yang berbeda dari lingkungan sekolah Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Darul Mukmin, jika biasanya para siswa siswi selesai dari rutinitas belajar di sekolah langsung pulang kerumah. Namun kali ini mereka kembali lagi ke sekolah untk bermalam bersama ayahnya di tenda, dengan berbaur bersama para siswa dan para orang tua lainnya.

Selama semalaman penuh mereka hanya bersama ayahnya, saat makan, dikelonin saat akan tidur dan bangun lagi semua diisi hanya bersama ayah. Agenda itu merupakan kegiatan perdana yang diberi nama camping sehari bersama ayah, dengan tema Rindu Serindu Rindunya. Yang digelar di halaman TKIT Darul Mukmin, dengan menggunakan tenda berkapasitas besar dan muat puluhan orang, Jumat malam (28/2).

Kegiatan dimulai sejak memasuki waktu sholat magrib, dilanjutkan dengan sholat isya berjamaah di dalam tenda. Lalu pada pukul 20.00 WIB dilanjutkan dengan seremonial pembukaan, dalam hal ini dibuka oleh KasiPeserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Karimu, Siti Muawanah, dengan dihadiri Pelaksana Harian (PLh) Direktur Yayasan Darul Mukmin, M Rasyid Nur serta para ayah yang turut serta mendampingi buah hatinya.

Beberapa rangkaian acara yakni penampilan hafalan surah pendek Al-Quran dan asmaul husna, yang dilantunkan oleh teman kecil TKIT Darul Mukmin. Suasana tampak semakin hangat ketika beberapa ayah meju kedepan melantunkan beberapa lagu bersama anaknya. Dilanjutkan dengan menyalakan api unggun, serta bakar jagung dan sosis.

Sekira pukul 23.00 WIB suasana sudah mulai sepi, para teman kecil sudah masuk ke tenda dan dikeloni para ayah yang setia menjaganya agar terlelap dalam tidur. Menjelang masuknya waktu sholat subuh atau sekitar pukul 04.00 WIB pada Sabtu dini hari (29/2), para teman kecil bersama ayahnya sudah bangun dari tidur dan mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya, yakni sholat tahajud dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah.

Dalam kesempatan itu Kepala TKIT Darul Mukmin, Noorfamayani mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mwndekatkan kebersamaan ayah dan ananda.

seorang ayah menyelimuti anaknya dalam kegiatan kemping bersama ayah, di halaman TKIT Darul Mukmin, Jumat malam (28/2)

“Alasan dipilih bersama ayah, karena frekuensi bertemu dengan ibu kan lebih besar dibanding ayah, yang porsinya diluar lebih besar karena pekerjaan. Sehingga kita menginginkan kebersamaan ini penuh makna,” kata Noorfamayani.

Indoneisa lanjut Noorfamayani, dijuluki juga sebagai negara yang kehilangan ayah. Sehingga TKIT Darul Mukmin bermaksud ingin merubah imej itu.

“Ayah itu bukan tidak hangat, tapi secara fitrahnya dia memiliki kehangatan, cinta dan smuanya, hanya saja dia perlu dikuatkan. Harapan kami dan kita semua adalah, agar para ayah semakin memahami betul peran keayahannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PADU dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Siti Muawanah dalam membuka kegiatan itu mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, kedekatan ayah dengan anak sangat penting dan banyak manfaatnya. Salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan anak.

Menurutnya, anak yang mendapatkan belaian kasih sayang dari ayah akan tumbuh dengan memahami sopan santun, dan menunjang anak berprestasi di sekolah.

“Selain itu, bagi ayah yang punya anak perempuan ketika dia beranjak remaja dan dewasa, tidak akan melakukan hal-hal yang tidak senonoh, atau yang dilarang agama. Mereka akan menjaga kehormatannya, karena cinta pertama mereka adalah ayahnya. Ini keuntungan dan hikmah ketika ayah dekat dekat dengan anak-anaknya,” ungkap Muawanah.

Biasanya lanjut Muawanah, setiap ada kegitan di sekolah yang menyangkut tentang kepentingan anak, maka yang kerap datang adalah ibunya. Sehingga dalam kegitan yang digelar TKIT Darul Mukmin dapat memberikan pencerahan, betapa pentingnya perhatian dari seorang ayah.

Kegiatan tersebut berakhri pada pagi hari, dan masing-masing anak bersama ayahnya kembali kerumah. Turut hadir dalam kesempatan itu, para guru TKIT Darul Mukmin.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close