KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

SMK Malaysia Ajak SMPIT Darul Mukmin Berdiskusi dan Kunjungan Silaturahmi Virtual, Karena Dianggap Punya Track Record Baik dan Berkualitas

RADIOAZAM.ID – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Mukmin melaksanakan program perkongsian amalan terbaik antara bangsa, yang digelar secara virtual dari dua buah sekolah negara serumpun Malaysia dan Indonesia.

Dalam hal ini, kegiatan yang diisi berupa diskusi dan silturahmi dengan Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Tanjung Gemok, Rompin Malaysia, Sabtu pagi (23/10).

Kegiatan yang di inisiasi oleh sekolah dari negara tetangga Malaysia itu, diikuti kurang lebih 60 peserta dari Malaysia dan Indonesia.

Wakil Kepala SMPIT Darul Mukmin, Trisandro menjelaskan, alasan sekolah dari negara tetangga Malaysia itu memilih SMPIT Darul Mukmin, sebagai rekan diskusi karena kualitas dan track recordnya yang dinilai sangat baik.

Disamping itu, memang selama ini SMPIT Darul Mukmin telah menjalin hubungan baik dengan banyak sekolah di luar negeri, dan salah satunya adalah SMK Tanjung Gemok-Malaysia.

“Kegiatan perkongsian amalan terbaik antara bangsa, yang dilaksanakan secara virtual tadi berlangsung sekitar dua jam, dalam bentuk diskusi dan sharing antar dua sekolah dari dua negara. Kita membahas tentang teknis pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), serta sharing metode penanganan dan penyelesaian permasalahan, selama belajar secara daring,” ujar Trisandro.

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya SMPIT Darul Mukmin memiliki program kunjungan edukasi internasional, berupa study tour siswa kelas VII ke sekolah-sekolah di negara luar seperti Malaysia dan Singapura.

“Kami ke Singapura, Batu pahat, Johor, Terengganu, dan Pulau Penang di Malaysia. Yang telah dimulai sejak tahun 2014, waktu itu pertama kali kami mengunjungi Madrasah Aljunied Al-Islamiah – Singapura,” terangnya.

Dijelaskannya, beberapa tujuan dari kunjungan edukasi internasional tersebut adalah, sebagai integrasi pelajaran, sarana bertukar budaya, media berbagi informasi dan inovasi tentang sistem pembelajaran di sekolah-sekolah luar negeri.

Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini, berdampak pada terhentinya semua agenda yang telah rutin dilakukan sejak tahun 2014 silam.

“Sehingga kegiatan secara daring ini lah pengganti dari agenda kunjungan rutin kami, yang sebelumnya telah dimulai sejak tahun 2014 lalu berupa study tour, tapi berganti menjadi program perkongsian amalan terbaik antara bangsa, melalui virtual dari dua sekolah dan dua negara,” ucap Trisandro.

Sementara itu, Direktur Yayasan Darul Mukmin, M Rasyid Nur mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan seluruh unit, demi kemajuan bersama.

“Seluruh unit di dibawah naungan Yayasan Darul Mukmin, memang dipersiapkan menjadi wadah dan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk umat,” ujar Rasyid.

Dia juga berharap, melalui kegiatan yang diikuti oleh SMPIT Darul Mukmin bersama SMK Tanjung Gemok Malaysia, agar dapati diserap dan dapat diambil sisi baiknya.

“Kegiatan ini tentunya merupakan kesempatan yang sangat baik, sehingga kita bisa sama-sama memajukan sekolah, melalui saling tukar informasi dari dua negara ini,” tutupnya.(cr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close