Breaking News

Tahun 2023 Gubernur Kepri Kembali Lanjutkan Program Pinjaman Bunga Nol Persen Untuk UMKM

0 0

RADIOAZAM.ID – Guberur Kepri Ansar Ahmad memastikan, akan kembali melanjutkan program pinjaman subsidi bunga nol persen, yang diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se Provinsi Kepri pada tahun 2023 ini.

“Program pinjaman subsidi bunga nol persen sangat tinggi peminatnya. Sejak dimulainya pada tahun 2021 lalu terbukti mampu membantu pelaku UMKM, dalam mendapatkan tambahan modal usaha tanpa perlu memikirkan bunga pinjaman, karena bunganya telah ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Kepri,” ujar Ansar Ahmad, Kamis (5/1/2023).

Oleh karena itu menurut dia, alasan lain kenapa perlu dilanjutkan program pinjaman bunga nol persen, dikarenakan sebagai upaya penguatan dan pemberdayaan UMKM merupakan sebagai salah satu pilar pembangunan daerah.

Sehingga mampu membuka kesempatan kerja yang luas, dan memiliki kontribusi yang besar dalam mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi.

“Program ini efektif untuk memulihkan ekonomi Kepri, dan manfaatnya pun bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, jadi kita lanjutkan pada tahun 2023,” kata Ansar Ahmad lagi.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri per tahun 2022, terdapat sebanyak 146.638 UMKM se Provinsi Kepri, rinciannya adalah Kota Batam sebanyak 75.064 atau 51 persen, Kota Tanjungpinang sebanyak 18.613 atau 13 persen, Kabupaten Bintan sebanyak 11.783 atau 8 persen, Kabupaten Karimun sebanyak 18.434 atau 13 persen, Kabupaten Natuna sebanyak 8.454 atau 6 persen, Kabupaten Kepulauan Anambas sebanyak 5.262 atau 4 persen, dan Kabupaten Lingga sebanyak 9.028 atau 6 persen.

Dengan jumlah UMKM yang cukup banyak itu, Ansar Ahmad menyebutkan bahwa akan menjadi tulang punggung perekonomian Provinsi Kepri, apalagi di masa pembatasan kegiatan masyarakat.

Untuk kata dia, demi mempertahankan eksistensi UMKM di Provinsi Kepri dimasa pandemi, maka Ansar Ahmad mengeluarkan kebijakan strategis, dalam wujud bantuan modal bagi UMKM dengan bunga nol persen, untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan dari PT. Bank Riau Kepri Syariah.

Sasaran penerima manfaat kebijakan ini adalah, UMKM yang bergerak di sektor produktif, kemudian UMKM yang tidak sedang menerima fasilitas kredit dari Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank, dan ada pengecualian bagi UMKM yang sedang menerima fasilitas Kredit Konsumtif (KK), Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan UMKM yang tidak tergolong sebagai debitur bermasalah berdasarkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ansar Ahmad mengaku akan terus mempromosikan program pinjaman subsidi bunga nol persen, untuk pinjaman UMKM dalam setiap kesempatan dirinya melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Kepri.

Karena menurutnya, masyarakat luas harus mengetahui tentang program tersebut, sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Mari kita manfaatkan subsidi bunga nol persen ini, silahkan datang langsung ke Bank Riau Kepri Syariah, untuk mengetahui skemanya,” ajak Ansar Ahmad.

Dia juga menjelaskan secara rinci mengenai skema kredit yang diberikan, yakni kredit modal kerja maupun investasi bagi pelaku UMKM, dengan plafon maksimal sebesar Rp20.000.000, dengan bunga yang dikenakan kepada debitur adalah murni nol persen, karena mendapat subsidi bunga dari Pemprov Kepri.

Sedangkan jangka waktu kredit yang diberikan adalah selama 24 bulan, tidak dikenakan biaya provisi, namun ada biaya administrasi sebesar 50 ribu rupiah.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *