KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Tak Ada Paskibraka Yang Kibarkan Bendera dan Tak Ada Perayaan, Pada Peringatan HUT RI Ke 76 di Karimun

RADIOAZAM.ID – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 76 tahun 2021, pada 17 Agustus di Kabupaten Karimun, dipastikan tidak akan ada ritual pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Kibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Tidak hanya itu, pesta rakyat sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya juga ditiadakan. Sehingga Pemkab Karimun hanya mengikuti kegiatan detik-detik proklamasi secara virtual, yang dilaksanakan di Istana Negara.

Kabag Informatika dan Humas Pemkab Karimun, Didi Irawan mengatakan, tidak adanya pengibaran bendera dan apel peringatan detik-detik proklamasi, mengacu pada surat edaran Kementerian Dalam Negeri.

“Sehingga Pemkab Karimun hanya mengikuti kegiatan detik-detik proklamasi secara virtual, yang dilakasnakan di Istana Negara besok pagi. Lokasi zoom metingnya kita pusatkan di Gedung Nasional tepat pukul 09.00 WIB,” ujar Didi, Senin (16/8).

Meski tidak dibenarkan menggelar upacara peringatan HUT RI ke 76, namun Pemkab Karimun akan tetap menggelar apel 17 hari bulan, di halaman Kantor Bupati Karimun tepat pukul 07.00 WIB secara internal, yang diikuti oleh para pegawai di lingkungan Pemkab Karimun.

Didalam apel itu, nantinya akan disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada para pegawai yang telah mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Hanya saja, Didi menjelaskan bahwa pelaksanaan apel bersama detik-detik proklamasi 17 Agustus, boleh dilaksanakan masyarakat di pulau-pulau, sebagaimana pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, yang menggelar apel tersendiri di wilayah hinterland.

Tidak Ada Pesta Rakyat

Dalam kesempatan itu, Kabag Informatika dan Humas Pemkab Karimun, Didi Irawan menambahkan, tidak hanya meniadakan apel peringatan detik-detik proklamasi, Pemkab Karimun juga meniadakan acara pesta rakyat, yang biasanya dipusatkan di kawasan Coastal Area.

“Kegiatan kita hanya dua kalau yang umum, pertama renungan suci yang dipusatkan di Makam Pahlawan Tanjungbatu Kecamatan Kundur, dihadiri Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim malam ini, Senin (16/8), serta menghadiri zoom meeting detik-detik proklamasi yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta,” kata Didi.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut juga sama terjadi pada tahun 2020 lalu, tidak adanya pesta rakyat. Sehingga diminta agar masyarakat Kabupaten Karimun, dapat mengikuti jalannya detik-detik proklamasi 17 Agustus, melalui media sosial akun facebook Humas Pemkab Karimun.

“Memang tahun ini banyak kegiatan yang ditiadakan, seperti pawai obor, pengukuhan Pasukan Kibar Bendera (Paskibra), upacara bendera detik-detik proklamasi dan pesta rakyat. Yang ada hanya kita ikuti kegiatan melalui zoom meeting, serta malam ini kegiatan renungan suci di Makam Pahlawan Tanjungbatu,” pungkas Didi.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close