KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Tangis Haru Warnai Pelepasan Keberangkatan 76 Jamaah Calon Haji di Karimun

RADIOAZAM.ID – Tangis haru mewarnai pelepasan 76 orang jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Karimun, yang digelar di pendopo Rumah Dinas Bupati Karimun, Selasa (14/6/2022).

Dalam pelepasan tersebut, dilakukan dengan cara tepuk tepung tawar, yang dimaksud sebagai doa bagi para JCH Kabupaten Karimun, agar selamat berangkat dan selamat juga pulang ke tanah air nantinya.

Usai dilepas, seluruh JCH menuju pelabuhan untuk berangkat ke Batam. Mereka akan menginap satu malam di Asrama Haji Batam, kemudian akan dilepas oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, untuk langsung diberangkatkan dalam kloter pertama gelombang pertama embakasi Batam menuju Mekkah, pada Rabu siang (15/6/2022) pukul 13.45 WIB.

Adapun rincian 76 orang JCH Kabupaten Karimun 22 jamaah diantaranya dari Kecamatan Karimun, 14 jamaah dari Kecamatan Meral, 18 jamaah dari Kecamatan Tebing, 3 jamaah dari Kecamatan Meral Barat, 13 jamaah dari Kecamatan Kundur, 4 jamaah dari Kecamatan Moro, 4 jamaah dari Kecamatan Durai.

44 orang jamaah merupakan perempuand an sisanya 32 orang merupakan laki-laki. Adapun jamaah laki-laki tertua bernama Bujang Cik Gelung berusia 64 tahun dari Kecamatan Kundur, dan jamaah termuda bernama Feri Yunanta Sugendi berusia 31 tahun dari Kecamatan Kundur. Kemudian jamaah perempuan tertua bernama Asmah Mansur Rahmad berusia 64 tahund ari Kecamatan Meral Barat, dan jamaah termuda perempuan bernama Endriani Idria Sandiran berusia 39 tahun dari Kecamatan Karimun.

Sebelum diberangkatkan, para jamaah telah mendapatkan pembinaan manasik haji dari Kementerian Agama Kabupaten Karimun sebanyak enam kali. Dua kali diantaranya ditingkat Kabupaten dan empat kali ditingkat Kecamatan. Selain itu ditambah dengan gladi posko yang dilakukan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karimun, serta pemantapan manasik haji oleh Bagian Kesra dan Keagamaan Kabupaten Karimun.

Para jamaah juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum diberangkatkan, kesemuanya sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 hingga dosis booster. Ditambah dengan suntik miningiutis dan suntik influenza. Dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR yang hasil keselurhan adalah dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam melepas para JCH Kabupaten Karimun berharap, agar para jamaah menjadi haji yang mabrur, selamat sampai tujuan serta senantiasa diberikan kesehatan hingga kembali ke tanah air

“Syukur alhamdulillah kita dapat kembali melepas keberangkatan JCH asal Kabupaten Karimun tahun ini, setelah dua tahun sebelumnya memang ditiadakan keberangkatan haji ke tanah suci, karena pandemi Covid-19. Dan saat ini sudah terkendali dengan baik, sehingga masyarakat Kabupaten Karimun bisa berangkat haji tahun 2022 ini, meskipun kuota yang diberikan hanya 76 orang. Semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi,” haap Rafiq.

Dia juga berpesan agar para jamaah dapat menjaga kekompakan dan menjaga kesehatan, serta mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan selama pelaksanaan haji.

“Tak kalah pentingnya adalah, mohon doakan Kabupaten Karimun di tanah suci, agar selalu diberi keberkahan, ketenteraman dan kondusif,” pintanya.

Para jamaah asal Kabupaten Karimun akan bergabung dengan jamaah asal Kota Batam, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Lingga. Seluruh jamaah asal Kepri akan terbang menggunakan pesawat Sudi Arilines, pada nomor penerbangan SW 5069. Mereka akan tiba pada pukul 18.35 waktu Arab Saudi.

Nantinya, seluruh jamaah asal Kabupaten Karimun akan kembali ke tanah air pada 25 Juli 2022, mereka akan terbang pukul 23.20 waktu Arab Saudi dan tiba para Selasa siang 26 Juli 2022 pukul 12.15 WIB, menggunakan pesawat Saudi Arilines dengan nomor penerbangan SW 5072.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close