KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Terapkan Metode Tani Dengan Cara Proliga, Petani Cabe di Kundur Barat Mampu Hasilkan 20 Ton Diatas Lahan 1 Hektare

RADIOAZAM.ID – Kelompok Tani Tunas Bertuah di Desa Sawang Laut Kecamatan Kundur Barat, mampu memanen cabe merah 20 ton diatas lahan satu hektare, yang sebelumnya hanya mencapai 10 ton. Hal tersebut berkat metode pertanian yang digunakan denganc ara sistem Produksi Lipat Ganda (Proliga).

Metode tersebut merupakan gagasan dari Pemprov Kepri dan Bank Indonesia, sehingga telah dapat dilakukan panen bersama oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, pada Sabtu pagi (15/1/2022).

Dalam kesempatan itu Aunur Rafiq mengatakan, Kelompok Tani Tunas Bertuah Kundur Barat kini mampu meningkatkan produktifitasnya, setelah sebelumnya masih menggunakan cara pertanian konvensional.

“Dari metode pertanian Proliga yang digunakan oleh Kelompok Tani Tunas Bertuah ini, dalam satu kali panen untuk satu hektare lahan mampu mencapai 20 ton cabe, jika sebelumnya hanya 10 ton. Dan sampai saat ini sudah delapan kali panen,” kata Rafiq.

Dengan demikian kata Rafiq, melalui metode Proliga maka hasil tani bisa meningkat dua kali lipat dan lebih memuaskan.

“Harga jual dipasaran pun sangat menjanjikan, per kilogram Rp40.000 sampai Rp45.000, jika ambil ditempat Rp33.000 per kilogram. Ini merupakan hasil yang sangat memuaskan,” ujar Rafiq.

Rafiq menghimbau agar kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan dari program yang telah diberikan dengan sebaik mungkin. Sehingga dapat meningkatan hasil panen serta menambah pendapatan keluarga para petani dimasa pandemi Covid-19.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri, Musni Hardi K. Atmaja bersama jajarannya, serta para unsur Kecamatan Kundur Barat dan beberapa OPD Pemkab Karimun.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close