Breaking News

TKIT Darul Mukmin Semarakkan Tahun Baru 1 Muharram

0 0

RADIOAZAM.COM – Semarak tahun baru 1 Muharram 1441 Hijriyah menggema di komplek Darul Mukmin, dalam kegiatan pawai yang digelar 70 siswa siswi Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Darul Mukmin, Selasa (3/9).

Rute yang mereka lalui berjarak sekitar satu kilometer, dengan mengitari jalan dan gang di pemukiman Sidomulyo, lalu kembali lagi ke halaman sekolah TKIT Darul Mukmin. Kegiatan diakhiri dengan pengarahan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan doa bersama.

Kabid Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Heny Riawati yang turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan, memperingati tahun baru 1 Muharram 1441 Hijriyah merupakan pondasi awal, dalam mengenalkan anak-anak usia dini kepada simbol-simbol agama Islam.

“Tahun baru yang dikenal orang umum adalah yang masehi, kebanyakan mereka hanya tahun bulan Ramadhan kalau mau puasa dan bulan Syawal kalau mau lebaran. Nah di tahun baru 1 Muharram ini lah saatnya anak-anak ini kita kenalkan nama-nama bulan dalam Islam,” pesan Heny.

Dia berharap agar zikir bersama dalam peringatan 1 Muharram 1441 Hijriyah itu dapat diteruskan di setiap pekannya pada hari Jumat. Dengan tujuan agar anak-anak PAUD mengetahui jenis-jenis zikir.

“Anak-anak ini harus dikenalkan limu agama sejak ini, kalau tidak nanti bapak dan ibu akan lelah dalam mengingatkan mereka untuk sholat dan ibadah lainnya. Kalau sudah diterapkan sejak sekarang, maka para walimurid tinggal menuai sebutir berlian,” imbuhnya.

Dia mengingatkan agar TKIT Darul Mukmin dapat lebih meningkatkan prestasinya, sehingga masyarakat mempercayakan putra putrinya untuk di didik di Darul Mukmin.

Sementara, Kepala TKIT Darul Mukmin, Noor Famayani menjelaskan, pesan yang ingin disampaikan dalam semarak tahun baru 1 Muharram 1441 Hijriyah di TKIT Darul Mukmin adalah, mengokohkan rasa ber-Islamnya anak-anak TKIT Darul Mukmin.

“Karena ini adalah tahun baru Islam, sehingga sebagai seorang muslim kita harus bangga dengan tahun baru kita. Artinya mengokohkan rasa berislam sejak dini,” jelasnya.

Kegiatan rutin semarak tahun baru 1 Muharram itu diharapkan agar anak-anak mencintai apapun yang menjadi simbol-simbol keislaman.

“Karena tahun baru 1 Muharram merupakan simbol keislaman kita, maka mereka kita ajarkan bulan-bulan dalam Islam, misalnya ketika Senin itu 2 September, maka bertepatan dengan 2 Muharram kemarin, besoknya 3 Muharram, begitu terus kita sampaikan,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kasi Peserta Didik PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Siti Muawanah, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Habibi, panitia pelaksana Jati Mergy Utami, para guru & siswa siswi TKIT Darul Mukmin.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *