KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Usaha Jualan Kain Milik Risman Kembali Berkembang Meski Dimasa Pandemi Covid-19, Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah

RADIOAZAM.ID – Suasana menyambut hari raya Idul Fitri yang semakin dekat, menjadi berkah bagi Risman yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang toko bahan kain dan baju kurung Melayu, di Jalan Nusantara Tanjungbalai Kota Kecamatan Karimun.

Sejak sebelum Ramadhan masyarakat mulai ramai berdatangan membeli bahan untuk baju Melayu, terlebih beberapa hari lagi menjelang lebaran, toko milik Risman semakin ramai didatangi.

Risman merupakan mitra binaan PT Timah Tbk, ia sudah belasan tahun menggeluti usaha sebagai penjual kain dan busana Melayu dengan kualitas terbaik. Sehingga tak jarang mendapat orderan baju baik skala kecil maupun besar.

Kondisi usahanya saat ini diakui sedikit mengalami kemajuan dibanding dua tahun terakhir, saat Covid-19 masih belum terkendali di Kabupaten Karimun.

Dulu, usaha Risman semakin lesu seiring pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga warga pun jarang keluar untuk sekedar berbelanja. Berdampak pada menurutnya omset penjualan karena daya beli yang semakin berkurang, apalagi sebagian besar masyarakat Kabupaten Karimun menggantungkan harapan pendapatannya dengan cara bekerja di Malaysia, namun selama pandemi berlangsung jalur ke negeri jiran ditutup.

“Alhamdulilah saat Ramadhan tahun ini sudah mulai ada perubahan, masyarakat mulai ramai berbelanja kain, ataupun membeli baju kurung Melayu untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti,” ungkap Risman.

Risman menceritakan, usaha penjualan kain yang ia geluti mampu bertahan ditengah hantaman wabah Covid-19, berkat dukungan dari PT Timah Tbk. Melalui suntikan modal dari program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang digelontorkan PT Timah Tbk, ia bisa mengembangkan usaha.

“Awalnya dapat informasi tentang program pinjaman lunak tersebut dari rekan sesama pedagang, lalu saya tertarik dan mencoba, ternyata prosesnya mudah. Ini sangat membantu saya,” ceritanya.

Ia meyakini program PUMK dari PT Timah Tbk memang bagus, mampu membantu para pelaku usaha kecil untuk terus berkembang.

“Saat ini saya sudah punya satu orang karyawanyang pandai menjahit, sehingga sangat membantu meringankan pekerjaan apabila sedang banyak pesanan baju,” tambah Risman.

Ia berharap, agar program PUMK dari PT Timah Tbk bisa terus berjalan, sehingga para pelaku usaha kecil dapat merasa terbantu dalam mengembangkan usaha.

“PT Timah Tbk juga turut membantu promosi, sehingga produk mitra binaan PT Timah bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close