KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Wabup Karimun Berharap Lomba Lampu Colok Dapat Digelar Idul Fitri Tahun Ini, Seiring Melandainya Kasus Covid-19 dan Sambut Hari Raya Lebih Bersemangat

RADIOAZAM.ID – Melihat kasus Covid-19 di Kabupaten Karimun terus berkurang, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim akan memeprtimbangkan untuk memperlombakan lampu colok atau lampu minyak, yang sejatinya merupakan tradisi sejak lama ditanah Melayu, khususnya termasuk di Kabupaten Karimun.

Dijelaskan Anwar, keputusan tidak digelarnya lomba lampu colok sebelumnya, memang merupakan kesepakatan bersama hasil rapat, saat sambut Ramadhan beberapa waktu lalu bersama semua unsur.

“Sebenarnya itu keputusannya memang didalam musyawarah, kemarin kan waktu rapat kita masih dalam kondisi Covid-19 yang sangat tinggi, maka kita tidak bisa laksanakan perlombaan lampu colok. Tidak tahu lah nanti, ini kan sebentar lagi kita akan adakan rapat Idul Fitri, nah kalau disana memang sepakat bahwa tradisi itu akan kita hidupkan, budaya ini akan kita hidupkan dengan lampu colok, ya akan kita perlombakan,” ungkap Anwar belum lama ini.

Hanya saja lanjut Anwar, persoalan anggaran jika memang akan diperlombakan, maka biayanya harus tercover dalam APBD, dalam hal ini melalui Bagian Kesra dan Keagamaan.

“Tapi kalau boleh dan kalau memang Covid-19 ini melandai di Kabupaten Karimun, saya lebih cenderung agar lomba lampu colok ini dapat digelar. Karena keindahan dan kemeriahan dalam menyambut hari raya Idul Fitri salah
satunya adalah dibarengi dengan lampu colok,” ungkapnya.

Dengan demikian, Anwar mengaku masih akan mempertimbangkan dan akan dibahas serta dikonsep terlebih dahulu dalam rapat nantinya.

“Kalau tidak berpengaruh dengan kesehatan masyarakat, manfaatnya juga lebih besar dan budaya kita pun lebih hidup, maka akan kita lakukan. Karena memang lempu colok ini adalah tradisi kita,” pungkas Anwar.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close