KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Wabup Karimun Yakin Target 2750 Masyarakat Yang Disuntik Vaksin Dosis 3 Akan Tercapai

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun mulai mempersiapkan rencana pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster, yang dilakukan pada Kamis (13/1/2022) secara serentak se nasional.

Rencana itu disampaikan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dalam memimpin rapat koordinasi lintas sektoral, dalam membahas mengenai kesiapan pelaksanaan vaksinasi booster di Kabupaten Karimun, Rabu malam (12/1/2022).

“Vaksinasi dosis booster secara perdana dilakukan serentak di Kepri, yang dipusatkan di Kota Batam, dan dilaunching oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Carnavian, kita di Kabupaten Karimun ikuti melalui video conference,” ujar Anwar.

Dari hasil rapat tersebut, maka Kabupaten Karimun akan mempersiapkan sebanyak 2750 orang yang menjadi target vaksinasi dosis tiga.

“Insyaallah kita yakin bisa mencapai target 2750 orang yang divaksin dosis tiga atau booster,” ujar Anwar.

Keyakinan Anwar bukan tanpa alasan, karena sejauh ini telah ada 13 titik pelaksanakan vaksinasi, yang memang sebelumnya telah dilakukan pemusatan vaksin, sehingga akan terus diperkuat dengan adanya launching vaksin dosis booster secara serentak se nasional.

“Vaksin dosis booster di Kabupaten Karimun akan di prioritaskan bagi para lansia dan masyarakat di atas 18 tahun, kemudian bagi yang sudah mendapat vaksin sampai dosis kedua dengan rentang waktu penyuntikan adalah enam bulan,” pungkas Anwar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi menambahkan, vaksinasi dosis booster akan melibatkan sejumlah tenaga medis di beberapa rumah sakit yang ada di Kabupaten Karimun.

“Seperti tenaga kesehatan dari RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun, Medic Centre, dan Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT). Kita akan meminta bantuan kepada medis dari fasilitas kesehatan tersebut, karena merekalah yang selama ini melaksanakan vaksinasi,” terang Rahmadi.

Adapun teknis pemberian vaksin Covid-19 untuk dosis ketiga ini adalah, jika dosis pertama dan kedua mendapatkan jenis vakasin sinovac, maka dosis booster atau ketig akan mendapatkan vaksin jenis Pfizer dan AstraZeneca.

Sedangkan yang mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua jenis AstraZeneca, maka pada dosis ketiga akan diberikan vaksin jenis Moderna.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close