KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Warga Binaan Juara I Lomba Cover Lagu DPD KNPI Karimun, Diberi Kesempatan Hibur Pejabat Serta Tamu Undangan Saat Penyerahan Hadiah

Pejabat Karimun Kagum Dengan Rudal Band Yang Semuanya Napi

RADIOAZAM.ID – Menjalani masa hukuman bertahun-tahun lamanya didalam jeruji besi, tidak menghalangi sekelompok pemuda di Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun untuk berkreasi, mereka mengikuti lomba cover lagu yang digelar oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karimun dan berhasil meraih juara satu.

Grup yang diberi nama Rudal Band yang artinya Rutan dari tepi laut, diberikan kesempatan oleh panitia untuk tampil pada malam puncak KNPI Youth Ekspo 2022, Sabtu malam (19/11/2022) di Coastal Area, sebagai bentuk penghargaan kepada peserta yang merupakan para narapidana (napi) dan berhasil meraih juara satu lomba cover lagu.

Para pejabat dan masyarakat yang turut hadir pada malam itu berdecak kagum, dengan aksi panggung mereka, yang menampilkan dua buah lagu. Kepiawaian mereka memainkan alat musik tak kalah mahirnya dengan para musisi profesional. Mulai dari gitaris, bassis, cajonis, dan vocalis.

Mereka hanya melaksanakan latihan menggunakan peralatan seadanya di ruangan pimpinan Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, lalu direkam menggunakan ponsel, judul lagu pada video yang dikirimkan ke panitia adalah Bendera milik Band Cokelat, mengantarkan Rudal Band sebagai juara terbaik. Sehingga berhak mendapatkan hadiah uang tunai, piala dan sertifikat.

Aksi panggung dari Rudal Band pada malam itu, rupanya mencuri perhatian salah seorang pejabat, yakni anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani, yang turut hadir di acara puncak KNPI Youth Ekspo 2022. Ia pun meminta kepada panitia untuk bertemu langsung dengan seluruh personil band tersebut di belakang panggung, seraya memberikan saguhati sebagai bentuk perhatian dan pembinaan.

“Acara demi acara disuguhkan oleh DPD KNPI Kabupaten Karimun beberapa hari ini, namun ada yang sangat menarik bagi saya disini adalah, hadirnya rekan-rekan musisi dari warga binaan Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, mereka ikut menampilkan potensi dirinya dengan ngeband bersama, ini hal luar biasa,” ujar Nyimas Novi.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kabupaten Karimun itu juga mengapresiasi kinerja dari Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, bersama pihak kepolisian yang memberikan ruang kepada musisi yang merupakan warga binaan.

“Saya sangat apresiasi sekali hal yang seperti ini. Mudah-mudahan setelah selesai dari Rutan, mereka dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan ketika keluar atau selesai menjalani masa tahanan nantinya,” katanya.

Alasan Nyimas Novi kagum dengan penampilan Rudal Band, karena mereka yang notabene merupakan warga binaan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, mampu menampilkan yang terbaik dan bisa menjadi juara satu. Mereka dapat berkreasi meski dari tempat yang dibatasi.

“Mereka bisa berkerasi seperti itu, tidak ada ruang dan waktu yang terbatas kalau kita ingin mewujudkan potensi diri kita. Ini lagi-lagi KNPI sangat luar biasa bisa melibatkan warga binaan,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani foto bersama para personil Rudal Band didampingi pihak Rutan Karimun, di belakang panggung KNPI, Sabtu (21/11/2022)

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Yogi Suhara mengatakan, terbentuknya Rudal Band yang digawangi para narapidana, memang merupakan salah satu program pembinaan dan kreatifitas bagi warga binaan, dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka.

“Salah satu tujuannya adalah reintegrasi sosial kepada masyarakat, sehingga penampilan Rudal Band ini sekaligus menunjukan kepada masyarakat, bahwa warga binaan bukan hanya menjalankan pidana didalam rutan, namun ada banyak kegiatan yang dilakukan didalam rutan, baik dalam bentuk kegiatan pembinaan kepribadin maupun kemandirian,” ungkapnya.

Yogi mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh Rudal Band, yang merupakan binaan dari Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun.

Salah seorang personil Rudal Band, Fedryansyah mengatakan, dalam melaksanakan proses latihan sebelum mengikuti lomba cover lagu yang digelar KNPI, para personel dikumpulkan dan diberikan pengarahan oleh Kepala Rutan, kemudian peralatan berupa dua buah gitar, satu unit gitar bass dan satu cajon, dipersiapkan oleh pihak Rutan sendiri, yang kemudian memberikan kesempatan para pesonil untuk melakukan latihan beberapa kali.

“Alhamdulillah kami dapat juara satu. Ini kali pertamanya kita keluar dari Rutan bawa nama Rudal Band, dan ini juga kali pertamanya band kami jadi juara. Terimakasih banyak buat DPD KNPI Kabupaten Karimun, dengan penyelenggaraan acara ini kami dapat berpartisipasi, walaupun rekan-rekan warga binaan didalam ruang lingkup terbatas, tapi kami tidak terhalangi untuk berkreatifitas,” kata Fedriyansah.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, yang telah mengizinkan Rudal Band untuk ikut berparitisipasi pada lomba cover lagu, yang digelar DPD KNPI Kabupaten Karimun.

Untuk sampai ke lokasi acara panggung KNPI pada malam itu, para personil diantarkan menggunakan mobil tahanan dan didampingi beberapa sipir serta dikawal oleh pihak kepolisian. Namun Fedriyansah mengaku yakin seluruh personil Rudal Band tidak akan membuat hal-hal yang tidak diinginkan, karena akan merugikan dirinya sendiri nantinya.(agn)

Related Articles

Close