KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Warga Karimun Rela Antri Minyak Tanah Sejak Subuh

Ratusan Jerigen Berjejer Dari Jalan Besar Sampai Masuk Gang Pemukiman

RADIOAZAM.ID – Masyarakat Karimun dari berbagai kampung rela antri sejak subuh hari. Hanya untuk mendapatkan sebotol minyak tanah ukuran lima liter, dari pangkalan milik Siau Peng di Jalan A Yani RT 001 RW 00 5 Kelurahan Meral Kota Kecamatan Meral.

Padahal, pasokan minyak baru tiba sekira pukul 14.45 WIB, namun antrian terus bertambah dari pinggir jalan utama sampai masuk kedalam gang pemukiman.

Sebagaimana yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Risa (24). Warga Parit Rengas Kelurahan Parit Benut Kecamatan Meral ini antri sejak pukul 05.00 WIB. Ia mengaku mendapatkan informasi kalau minyak tanah akan masuk pada pangkalan milik Siau Peng di Meral Kota.

“Antri sejak subuh, biar dapat paling depan. Pulul 05.00 atau lewat sedikit saya sudah antri menunggu pangkalan ini buka, sambil susun jerigen biar dapat antrian ditengah. Ini (minyak tanah) untuk digunakan berjualan sate,” ucap Risa kepada media ini.

Menurut Risa, dia sudah ikutan antri sejak Jumat kemarin (13/12) Ketika mendapati informasi, bahwa stokl minyak tanah akan masuk, sehingga wanita berprofesi sebagai pedagang ini bergegas untuk ikut antri pagi-pagi sekali. Namun ternyata pasokan belum juga sampai, hingga Sabtu (14/12), Minggu (15/12) dan Senin (16/12).

“Informasinya hari ini masuk, kemarin memang baru dapat informasi kalau Jumat mau masuk, tapi tak jadi, lalu sampai Sabtu, Minggu dan Senin saya terus ikut antri disini, dimulai subuh hari,” tambahnya.

Kebutuhan minyak tanah itu akan digunakan untuk berjualan sate di Pasar PN Kecamatan Tebing. Meski mendapatkan jatah gas LPG bersubsidi 3 kilogram. Namun jauh lebih irit memasak bahan-bahan dagangannya menggunakan minyak tanah dibanding menggunakan gas.

ratusan jerigen berjejer saat antri minyak tanah di pangkalan milik Siau Peng di samping Polsek Meral, Selasa (17/12)

Risa beralasan, semua bahan dagangan membutuhkan waktu lama untuk dimasak, terlebih ketupat sate. Jika menggunakan tabung gas, maka akan cepat habis dan sudah pernah dia coba, dan ternyata benar, isi tabung gas tepat habis jika digunakan dalam jangka waktu berjam-jam nonstop.

“Belum lagi kalau kita mau bakar arang untuk pembakaran sate. Kan harus pakai minyak tanah. Makanya setiap ada informasi dimanapun ada stok minyak tanah, pasti saya datangi dan ikut antri, pekan kemarin saya ke Pasir Panjang, lalu saya ke arah Balai. Hari ini disini,” terangnya.

Kebutuhan akan minyak tanah diakui Risa mencapai 25 liter setiap hari, sehingga ketika dia antri pada pangkalan minyak milik Siau Peng di Meral Kota Kecamatan Meral, diakui akan habis dalam satu hari saja, besoknya dia terpaksa mencari minyak di tempat lain.

Sementara, Siau Peng ketika ditemui mengatakan, pasokan minyak tanah pada pangkalannya kini telah dikurangi, dari 15 ton per tiga pekan, kini jatahnya hanya tersisa tiga ton saja dan itu pun untuk satu bulan, tidak lagi per tiga pekan.

Dikatakan, pengurangan jatah minyak tanah pada pangkalannya sudah terjadi sejak Januari kemarin. Alasan pengurangan karena konversi minyak tanah ke gas.

“Katanya jatah saya ini mau dikurangi lagi, dari tiga ton nanti akan jadi dua ton. Kalau terus dikurangi munkin saya tidak jualan minyak tanah lagi, karena serbasalah dan kasihan warga rela antri seharian demi mendapatkan minyak, saya tidak tega,” ceritanya.

Untuk satu liter minyak tanah Siau Peng menjualnya seharga Rp5000, dan setiap warga yang antri tidak digenarkan menggunakan jerigen ukuran besar, paling maksimal adalah jerigen bekas minyak goreng ukuran lima liter, dan masing-masing hanya diperbolehkan satu botol.

Pantauan di lapangan, tanki pendistribusian minyak tanah baru tiba di pangkalan Siau Peng sekira pukul 15.00 WIB, setelah melakukan bongkar muat sekitar 20 menit lamanya, barulah ratusan jerigen warga yang antri dilayani. Proses pengisian minyak tanah itu mendapat pengawalan dari aparat kepolisian.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close