KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Yayasan Darul Mukmin Sembelih 9 Hewan Kurban Pada Hari Raya Idul Adha 1443 H, Gunakan Alat Moderen Untuk Penyembelihan Sapi

RADIOAZAM.ID – Yayasan Darul Mukmin menyembelih sembilan ekor hewan kurban, satu ekor diantaranya sapi dan delapan ekor adalah kambing, pada Hari Raya Idul Adha 1334 Hijriyah tahun 2022 ini.

Penyembelihan dipusatkan di gedung baru Yayasan Darul Mukmin pada Selasa pagi (12/7/2022), dihadiri para pihak yang berkurban serta keluarga besar Yayasan Darul Mukmin.

Dalam melakukan penyembelihan sapi, Yayasan Darul Mukmin menggunakan sebuah alat yang sangat efektif, berupa kerangka besi yang sudah dirakit atau di las sedemikian rupa. Tinggal memasukkan hewan kurban, lalu besi yang sudah terisi sapi dibaringkan, yang sebelumnya terlebih dahulu tubuh hewan kurban telah diikat diantara rangka besi.

Sehingga pada saat penyembelihan, memang tidak menimbulkan resiko sapi terlepas ataupun mencelakai warga yang menyaksikan. Bahkan petugas tidak perlu memegang dengan tenaga ekstra takut sapi terlepas atau kabur.

Pembina Yayasan Darul Mukmin, Muhammad Hasbi mengatakan, melalui penyembelihan hewan kurban diharapkan dapat dirasakan oleh mesyarakat.

“Harapan kami, mudah-mudahan masyarakat dapat merasakan keberadaan Yayasan Darul Mukmin dengan adanya penyembelihan hewan kurban ini,” kata Hasbi.

Hasbi juga berharap, agar kedepan panitia hewan kurban Yayasan Darul Mukmin dapat lebih memperluas informasi berkurban kepada masyarakat.

“Bahkan bila perlu kita bisa saja berkolaborasi atau bekerjasama dengan Masjid Agung Kabupaten Karimun atau dengan siapapun. Sehingga kegiatan berkurban ini bisa lebih luas lagi dengan berinisiatif menjalin kerjasama seperti itu,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Yayasan Darul Mukmin, M Rasyid Nur mengatakan, Yayasan Darul Mukmin memberikan kesempatan kepada para orang tua wali murid, dari semua lembaga dibawah naungan Yayasan Darul Mukmin yang memiliki kemampuan, untuk dapat berpartisipasi dan bersama-sama dalam berkurban.

Alat penyembelihan untuk sapi, yang digunakan Yayasan Darul Mukmin dalam melaksanakan kurban, Selasa (12/7/2022)

Dalam hal ini semua hewan kurban yang dipercayakan, dikelola oleh Yayasan Darul Mukmin, untuk dibagikan kepada yang berhak. Kurban yang kita lakukan ini bertujuan untuk memotivasi orang lain, yang mungkin tahun ini belum namun tahun depan atau suatu saat nanti sudah bisa berinfaq atau berkurban.

“Penyembelihan hewan kurban di lingkungan Yayasan Darul Mukmin ini, memberikan pengajaran bagi anak-anak kita dan semua keluarga besar dibawah Yayasan Darul Mukmin. Bahwa berkurban itu banyak hikmahnya, jadi ini bagian dari usaha sekolah untuk mengedukasi anak tentang pentingnya berkurban,” ungkap Rasyid.

Karena menurut dia, nilai-nilai berkurban dipastikan sangat banyak, sebagaimana yang dilatar belakangi oleh sejarah Nabi Ibrahim.

Rasyid juga menginggung tentang peralatan yang modern yang digunakan Yayasan Darul Mukmin dalam menyembelih hewan kurban berupa sapi. Yang merupakan milik dari Masjid Darul Mukminin dan dapat digunakan oleh pihak yayasan.

“Alat penyembelihan hewan kurban yang kita gunakan ini sangat banyak peminatnya, dan baru tahun ini dipesan untuk keperluan Masjid dan kita bisa memakainya. Tujuan dari penggunaan alat ini adalah, tingkat keselamatannya lebih tinggi, dan memberikan kenyamanan bagi hewan kurban. Dan pastinya cara ini sangat efektif dibanding dengan cara manual atau cara lama, yang membutuhkan banyak orang untuk memegang hewan kurban saat proses penyembelihan,” kata Rasyid.

Dia juga berharap sama seperti yang disampaikan Pembina Yayasan Darul Mukmin, Muhammad Hasbi, agar tahun depan agenda serupa sebelumnya harus diinformasikan dapat masyarakat luas. Terutama warga Yaysan Darul Mukmin sendiri atau orang tua wali murid.

“Kegiatan berkurban sempena Hari Raya Idul Adha ini merupakan agenda tahunan Yayasan Darul Mukmin. Mudah mudahan pada tahun berikutnya, bisa lebih banyak lagi yang berkurban,” harapnya.

Dari penyembelihan hewan kurban tersebut, dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di sekitar lingkungan Yayasan Darul Mukmin, dan sebagian untuk karyawan Yayasan serta pihak yang berkurban.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close