KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kreatif, Polsek Balai Budidaya Lele dan Sayuran Hidroponik Pakai Ember

Wujudkan Ketahanan Pangan Menuju New Normal

RADIOAZAM.ID – Ditengah masa pancemic covid 19 ini, berbagai macam inovasi dan kreatifitas memang sangat diperlukan. Sebagaimana yang dilakukan oleh personil Polsek Urban Tanjungbalai Karimun, dengan melakukan ujicoba budidaya ikan lele didalam ember, sekaligus melakukan penanaman sayuran secara hidroponik.

Kapolsek Urban Tanjungbalai Karimun, AKP Budi Hartono mengatakan, teknik berternak ikan lele didalam ember, yang sekalian menanam sayuran secara hidroponik pada ember ternak lele tersebut, mengadopsi sistim tumpang sari dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Polres Karimun, menuju new normal dimasa pandemik covid 19.

“Kita membuat tempat ternak lele menggunakan media ember, yang dipadukan dengan menanam sayur hidroponik.

Tanaman sayuran yang dipilih adalah sawi. Ketika nanti sudah bisa panen lele dan sayuran hidroponik, akan kita berikan kepada masyarakat yang kurang mampu,” kata Budi, Jumat (29/5).

Awalnya menurut Budi, dia sekedar meresearch atau coba-coba saja, dengan mencari tiga buah ember ukuran sedikit besar, masing-masing dibuatkan 10 wadah untuk sayuran hidroponik.

“Untuk wadahnya, kita juga bisa pakai ember yang bekas cat. Sedangkan wadah hidroponik bisa menggunakan gelas bekas air mineral. Media tambahan untuk hidroponik kalau tidak ada kapas, kita bisa pakai serabut kelapa, lalu kita cari bibit lele dan biji sayuran. Disini saya pilih sayur sawi,” terang Budi.

Disebutkannya, untuk jenis tanaman sawi, dia lebih memilih yang biasa ditanam pada media tanah, karena jika dibuat jenis hidroponik akan lebih cepat tumbuh dan masa panen sayurannya juga lebih cepat. Sementara untuk ikan lele, memang butuh waktu lama atau empat kali lipat dari masa panen sayuran. Namun tergantung jenis umpan atau makanan ternak.

“Upaya coba-coba ini sebagai langkah untuk membantu warga kurang mampu. Serta mewujudkan ketahganan pangan menuju new normal,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close